Liputan MUSDA GPdI Regional 1 East Coast 13-14 Juli 2017

 

Gereja Pantekosta di Indonesia – USA Region 1 – Eastcoast dengan sukses telah menyelenggarakan Musyawarah Daerah Historik yang dilaksanakan pada tanggal 13-14 Juli 2017 di GPdI “New Life Praise Center”, Philadelphia, PA.

Musyawarah Daerah kali ini diikuti oleh 20 Gembala Sidang  dan dua utusan Gembala Sidang (berhubung dengan kesehatan gembala) yang  mewakili seluruh  22 jemaat GPdI di wilayah pantai timur USA.

Pdt AH Mandey

Rangkaian acara ini dibuka pada hari Kamis 13 Juli 2017 pagi dengan Puji-pujian penuh Urapan yang dipimpin oleh Worship Team para Anak-anak Hamba Tuhan GPdI Region 1, yang dilanjutkan dengan penyampaian Firman Tuhan dan kemudian pembukaan secara resmi  Musyawarah Daerah ini oleh Ketua MPR Majelis Pusat GPdI 2017-2022 Pdt. A.H. Mandey, yang mewakili Ketua Majelis pusat GPdI.

Segera setelah itu maka Ketua GPdI USA Region 1 periode 2012-2017, Pdt.  J. A. Ticoalu menyampaikan laporan pertanggung-jawaban sebagai ketua yang diikuti oleh laporan pertanggung-jawaban keuangan oleh bendahara GPdI USA Region 1 periode 2012-2017, Pdt. Donald Mawuntu.

Laporan-laporan pertanggung-jawaban ini diterima dengan baik oleh seluruh peserta Musyawarah Daerah dan dengan diterimanya pertanggung-jawaban ini ketua Region 1 periode 2012-2017 menyatakan kepengurusan GPdI USA Region 1 periode 2012-2017 demissioner.


Pemilihan Formatur Ketua Regional 1 Periode 2017-2022
Dipimpin langsung oleh wakil majelis pusat GPdI, ketua MPR Pdt. A.H. Mandey, acara pemilihan formatur ketua dimulai dengan pemberesan beberapa masalah-masalah administratif dan juga penetapan tata-cara pemilihan yang disetujui oleh para peserta Musyawarah.

Empat orang tampil sebagai calon ketua kali ini, yaitu: Pdt. J.A. Ticoalu, Pdt. Polke Koyongian, Pdt. Donald Mawuntu, dan Pdt. Emmanuel Tandean.

Sebagaimana diusulkan dan disetujui oleh para peserta musyawarah, maka sebelum pemilihan dilaksanakan, Pdt. A.H. Mandey, sebagai pimpinan sidang memberikan waktu kepada masing-masing calon untuk menyampaikan Visi dan Misi/Program masing-masing di hadapan seluruh peserta Musyawarah. Ditetapkan pula bahwa untuk memenangkan pemilihan seorang calon harus mendapatkan suara setidaknya 50% +1, yang artinya jika tidak ada yang memperoleh 50% +1, maka pemilihan akan diulang dengan hanya diikuti oleh 2 calon yang memiliki suara terbanyak di putaran pertama.


Pemilihan Putaran Pertama:
Pemilihan putaran pertama dengan empat calon segera dilaksanakan dengan tertib dan mendapatkan hasil sebagai berikut:
1.    Pdt. Polke Koyongian      :  9 Suara (41%)
2.    Pdt. Donald Mawuntu     :  6 Suara (27%)
3.    Pdt. J.A. Ticoalu               :  4 Suara (18%)
4.    Pdt. Emmanuel Tandean:  3 Suara (14%)

Dari hasil tersebut maka harus dilaksanakan putaran kedua yang hanya akan diikuti oleh 2 calon bersuara terbanyak, yaitu: Pdt. Polke Koyongian dan Pdt. Donald Mawuntu.


Pemilihan Historik Putaran Kedua: (Lihat Video)
-VIDEO 1

-VIDEO 2

-VIDEO 3

Proses pemilihan di Putaran Kedua segera dilakukan juga secara lancar dan tertib, dan secara luar biasa ternyata hasilnya adalah DRAW, yaitu masing-masing calon mendapatkan 11 Suara. 

Setelah dimusyawarahkan, maka diputuskan bahwa pemilihan akan dilakukan dengan cara yang paling “Alkitabiah” yaitu dengan UNDIAN. Dalam sistem ini, setiap calon secara bergantian akan mengambil kertas dalam kotak tertutup (yang berisikan 3 kertas bertuliskan “ketua” dan 3 kertas kosong)sebanyak maksimum 3 kali. Calon yang mendapatkan kertas bertuliskan “ketua” yang terbanyak akan memenangkan pemilihan ini.

Dengan diawali Doa bersama, maka proses undian ini di mulai dan setelah secara berturut- turut mendapatkan 2 kertas bertuliskan “ketua”, Pdt. Polke Koyongian dinyatakan sebagai pemenang dalam pemilihan ini dan dengan demikian ditetapkan secara sah sebagai Ketua GPdI USA Region 1 yang baru, untuk periode 2017-2022.

Hari pertama Musyawarah Daerah ditutup dengan Kebaktian Kebangunan Rohani dengan worship team dari GPdI New Life Praise Center, Philadelphia dan Firman Tuhan: Bp. Pdt. A.H. Mandey.


Musyawarah Daerah Hari Ke Dua
Acara MUSDA hari kedua ini diawali kembali dengan Pujian dan Penyembahan yang dipimpin oleh Anak- anak Hamba Tuhan GPdI Region 1 yang dilanjutkan dengan Firman Tuhan oleh Bp. A.H. Mandey dan dilanjutkan dengan prosesi Pelantikan Pengurus Baru GPdI USA-Region 1 periode masa bakti 2017-2022 dan Pelantikan para Hamba Tuhan: Pendeta, Pendeta Muda, dan Pendeta Pembantu.

SUSUNAN PENGURUS GPdI USA-REGION 1 PERIODE 2017-2022 yang dilantik:
•    KETUA                   :  Pdt. Polke Koyongian
•    WK KETUA             :  Pdt. Charles Tulenan
•    WK KETUA             :  Pdt. Hanny Pongoh
•    SEKRETARIS          :  Pdt. Emmanuel Tandean
•    WK SEKRETARIS    :  Pdt. Sammy Golioth
•    BENDAHARA          :  Pdt. Donald Mawuntu

-Staf Penggembalaan & Pengembangan Warga Jemaat :  Pdt. Robinson Tulenan & Pdt. Jeamly Ticoalu
-Staf Penginjilan dan Misi                                               :  Pdt. Yusuf Mandey & Pdt. Billy Mawuntu
-Staf Edukasi dan Pengajaran                                         :  Pdt. Hanny Schalwyck
-Staf Litbang & Kesejahteraan Hamba Tuhan                :  Pdt. Herry Wotulo & Pdt. Wherry Tasik
-Staf Multi Media                                                            :  Pdt. Rudy Sumoket

Keseluruhan rangkaian acara Musyawarah Daerah GPdI USA- Region 1 kemudian diakhiri dengan Kebaktian Kebangunan Rohani yang dipimpin oleh Worship Team dan GPdI Harvest dari Dover, New Hampshire dengan Penyampaian Firman Tuhan oleh Ketua Periode 2017-2022: Pdt. Polke Koyongian. Kiriman: Rev. Hanny Pongoh, Connecticut, USA


Panitia Pemilihan


Suasana Pemilihan


Hasil Putaran Kedua


Doa Sebelum Pengundian


Pdt. Polke Koyongian Ketua GPdI USA Region 1 periode 2017-2022


Pengurus GPdI USA Region 1 periode 2017-2022


Pelantikan Pengurus GPdI USA Region 1 periode 2017-2022


Nyanyian Pujian Dari Hamba Tuhan GPdI USA Region 1

                                               -----------------------------------------

Share