Musium Rambut


Avanos, sebuah desa di Turki yang terkenal sebagai daerah penghasil  tembikar sejak tahun 3.000 SM. Selain kerajinan tembikar, desa di Kapadokia ini  memiliki tempat wisata unik, yaitu museum rambut.  Museum unik yang didirikan oleh Chez Galip, perajin tembikar,  menyimpan koleksi rambut wanita asli.

Museum yang berupa lorong di bawah toko merangkap studio kerajinan tembikar Galip ini dipenuhi sampel rambut lebih dari 16.000 wanita yang pernah berkunjung ke sana. Mulai dari dinding hingga langit-langit tertutup guntingan rambut wanita dari berbagai dunia yang disertai secarik kertas berisikan alamat mereka.


Menurut Oddity Central, museum ini dimulai sejak tiga dekade lalu, ketika salah satu teman wanita Galip harus meninggalkan Avanos. Galip merasa sedih dengan kepergian sang sahabat. Kemudian si sahabat memberikan Galip guntingan rambutnya sebagai kenang-kenangan.  Sejak itu para wanita yang berkunjung ke toko atau rumah Galip dan mendengar kisah sedihnya ikut memberikan guntingan rambut beserta secarik kertas bertuliskan alamat lengkap mereka kepada Galip. Takak ada kewajiban bagi para pengunjung wanita untuk menyumbangkan guntingan rambut ke museum Galip. Bahkan gratis untuk masuk ke museum itu.


Lalu kenapa mereka bersedia memberikan guntingan rambut mereka secara cuma-cuma kepada Galip? Ternyata rambut mereka akan diundi untuk memenangkan hadiah khusus yang disiapkan oleh Galip sendiri. Setiap setengah tahun sekali, tepatnya pada bulan Juni dan Desember pembeli pertama yang datang ke toko Galip akan diajak ke museum itu dan diminta untuk memilih 10 rambut terbaik. 10 Pemenang yang beruntung ini akan mendapatkan kesempatan untuk berlibur gratis di Kapadokia selama satu minggu penuh.  Menarik bukan?

 

Sebagai  manusia yang disayangi Tuhan, dan sebagai orang yang berpengharapan kepada Yesus, manusia harus selalu ingat bahwa rambut kepala manusia terhitung semuanya. Karena itu jangan takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit (Lukas 12:7). Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka. (Matius 10:28).

                                                  __$$$__

 

 

Share