Doa Zakharia

Lukas 1:5-25 - Dalam Injil Lukas pasal 1 ini kita membaca tentang bagaimana malaikat Gabriel datang memberitakan akan kelahiran Yohanes Pembaptis dan kemudian Yesus Kristus. Kelahiran Yesus sudah dinubuatkan nabi-nabi jauh-jauh hari sebelumnya. Keistimewaan kelahiran Yohanes pembaptis karena terjadi dalam keluarga imam. Zakharia adalah seorang imam, Elisabeth istrinya juga keturunan dari Harun. Jadi baik Zakharia maupun Elisabeth adalah keturunan Imam Besar Harun

Dalam I Tawarikh 24:7-18 kita baca bahwa raja Daud membagi imam-imam dalam 24 kelompok untuk melayani di Bait Allah. Berarti dalam satu tahun satu kelompok bisa melayani dua minggu di Bait Allah. Dan Zakharia termasuk dalam kelompok kedelapan yaitu kelompok yang bernama Abia. Untuk melayani khusus di mezbah dupa mungkin satu imam hanya bisa melayani sekali seumur hidupnya. Dalam perikop di atas ditulis bahwa Zakharia mendapat giliran undian untuk membakar dupa di mezbah dupa pada saat usia lanjut. Tetapi untuk melayani Tuhan sebagai imam tidak pandang umur. Kalau Tuhan masih memberikan kesehatan kita pun dapat melayani Tuhan seumur hidup.

Kualitas kerohanian Zakharia luar biasa (lihat ayat 6). Zakharia dan Elisabeth adalah orang benar di hadapan Allah, suami-istri ini hidup menurut segala perintah (sepuluh hukum torat), melakukan segala ketetapan Tuhan (peraturan-peraturan Tuhan), dan mereka melakukannya dengan tidak bercacat. Begitu tinggi kualitas mereka sebagai hamba Tuhan, tetapi ada satu yang kurang dalam keluarga ini yaitu Zakharia dan Elisabeth tidak mempunyai anak. Di tradisi Israel, satu keluarga yang tidak punya anak dianggap seakan terkena kutuk.

Karena itu orang Israel kalau tidak punya anak dia bisa kawin lagi atau menceraikannya. Tetapi mereka tetap hidup suami-istri walaupun tidak ada anak. Tentu keluarga Zakharia sering mendengar suara-suara sumbang dari orang lain. Tetapi mereka tetap hidup benar, mereka tetap melaksanakan hukum dan ketetapan Tuhan dengan tidak bercacat. Di zaman sekarang ini ada orang Kristen yang gampang merajuk karena doa-doanya sepertinya tidak dijawan Tuhan. Tetapi Zakharia dan Elisabet menjadi model keluarga-keluarga Kristen. Kita perlu terus untuk hidup benar di hadapan Tuhan, walaupun ada kekurangan dalam berkat-berkat.

Zakharia artinya Yahweh telah mengingat. Elisabeth artinya Allah adalah nazarku. Abia = Abiah artinya Yahweh adalah Bapaku. Dalam nama-nama Israel ini terselip nama Tuhan. Bagaimana dengan kita yang hidup sekarang ini, Apakah kita perlu menyelipkan nama Tuhan di dalam nama kita? Setiap anak Tuhan waktu di baptis air dia mendapat nama baru yaitu Tuhan Yesus Kristus. Sebab dalam baptisan air kita dibaptis dalam nama Allah Bapa, Putera dan Roh Kudus yaitu dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Berarti setiap orang yang dibaptis telah mendapat nama Tuhan Yesus Kristus dalam hidupnya. Itu sebabnya penting sekali orang-orang percaya dibaptis.

Ketika Zakharia mendapat undian giliran untuk melayani membakar dupa di mezbah dupa dia begitu gembira karena pelayanan ini terjadi sekali seumur hidup. Ketika dia sedang melayani muncul malaikat Gabriel serta berkata : Zakharia, .Elisabeth, istrimu akan melahirkan seorang anak laki-laki bagimu dan ia akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya. Roh Kudus bisa memenuhi bayi di kandungan. Dalam Yoel 2:28-29 dinubuatkan bahwa anak-anak akan penuh dengan Roh Kudus dan anak-anak akan bernubuat. Oleh sebab itu orang-orang tua jangan lupa untuk membawa anak-anaknya ke kebaktian anak-anak. Anak-anak Tuhan bisa dipakai Tuhan untuk kemuliaan Tuhan.

Waktu malaikat Gabriel menampakkan diri kepada Zakharia dia gemetar, dia ketakutan. Tetapi malaikat berkata : Jangan takut, sebab doamu telah dikabulkan. Mungkin ada doa-doa saudara yang sampai sekarang ini belum dikabulkan Tuhan. Saudara jangan kecewa, Tuhan selalu punya rencana yang terbaik bagi kita. Tuhan mendengar doa orang percaya. Tetapi ada doa yang dikabulkan cepat, tetapi ada doa yang agak lambat baru dikabulkan, tetapi ada juga doa yang Tuhan tidak kabulkan karena Tuhan tidak berkenan. Ketika Zakharia menerima berita ini, Zakharia tidak percaya sehingga dia sempat bisu selama 9 bulan. Dia tidak bisa ngomong sampai anaknya lahir. Nama anaknya ialah Yohanes yang artinya Yehovah mengasihi.

Kita sudah berada di akhir tahun 2005. adakah doa-doa anda yang sepertinay belum dijawab Tuhan? Saya anjurkan supaya anda tetap hidup benar, tetap berdoa, tetap melakukan perintah Firman Tuhan. Semua firman Tuhan Mari kita usahakan untuk melakukannya walaupun mungkin berat. Tuhan mengingat dan mencatat semua jerih perbuatan kita. Tuhan mendengar, mengingat dan mengabulkan pada waktunya. Haleluyah. - M.D. Wakkary

Share