Hari Sudah Jauh Malam

Oleh: Pdt. Noch Mandey, Rungkut, Surabaya
Ayat Pokok: Roma 13:12-14

Waktu! Kepada setiap manusia Tuhan memberikan waktu yang sama jumlahnya: 24 jam sehari – untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.  Berapa lama kita sudah menjadi orang Kristen?  Apa saja yang telah kita lakukan selama kurun waktu yang Tuhan berikan?

Ayat pokok hari ini bicara tentang waktu! “Hari sudah jauh malam, telah hampir siang...”  Saudara dan saya hidup di akhir dari akhir zaman.  Kedatangan Tuhan kian dekat.  Entah kita siap atau tidak, Dia pasti akan segera datang!

“Telah Hampir Siang...”
Dunia yang kita diami hanya sementara sifatnya.  Pada waktunya, bumi dan langit yang ada sekarang akan lenyap samasekali – Wahyu 6:14; Ibrani 12:26-28!  Ketika malaikat pertama meniup sangkakalanya, Alkitab mencatat, “terjadilah hujan es, dan api, bercampur darah; dan semuanya itu dilemparkan ke bumi; maka terbakarlah sepertiga dari bumi dan sepertiga dari pohon-pohon dan hanguslah seluruh rumput-rumputan hijau” – Wahyu 8:7. 

Tapi puji Tuhan, saudara dan saya memiliki Kerajaan yang tak tergoncangkan!  Dan kita patut mengucap syukur karenanya.  Siapkah saudara dan saya menghadapi Hari itu??

“Hari Sudah Jauh Malam”
“Hari sudah jauh malam, telah hampir siang.  Sebab itu marilah kita menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan dan mengena-kan perlengkapan senjata terang!”

Inilah antara lain daftar panjang perbuatan gelap yang tengah terjadi di dunia saat ini – 2 Timotius 3:1-5.  Jika tidak waspada, kita pun bisa terjerumus ke dalamnya!
 1. Mencintai diri sendiri;
 2. Menjadi hamba uang;
 3. Membual & menyombongkan diri;
 4. Menjadi pemfitnah
 5. Memberontak terhadap orangtua
 6. Tidak tahu berterima kasih;
 7. Tidak memedulikan agama;
 8. Tidak tahu mengasihi;
 9. Tidak mau berdamai;
10. Suka menjelekkan orang
11. Tidak bisa mengekang diri;
12. Garang;
13. Tidak suka akan yang baik;
14. Suka berkhianat
15. Tidak berpikir panjang;
16. berlagak tahu;
17. Lebih menuruti hawa nafsu;
18. Secara lahiriah beribadah, tetapi memungkiri kekuatan ibadah!

“Perlengkapan Senjata Terang”
Sudahkah kita mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan Tuhan?  Apakah kita termasuk dalam kelompok anak dara yang bijak?  Atau yang bodoh? – Matius 25:1-13. 

Yesus, Dialah satu-satunya perlengkapan senjata terang yang harus senantiasa kita kenakan.  Haleluya!
“Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati.  Tetapi kenakanlah Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang dan janganlah merawat tubuhmu untuk memuaskan keinginannya.”

Hidup dengan sopan – meliputi etika (=moral) hidup, bekerja, bermasyarakat, berumah-tangga, berjemaat, dan sebagainya.  Mari tinggalkan segala perbuatan gelap, kenakan Yesus sebagai perlengkapan senjata terang, dan hidup dengan sopan! Tuhan Yesus memberkati saudara. (Khotbah di GPdI Ketapang 11 Nop 2012)

Share