Pentingnya Pemimpin Yang Baik

PENTINGNYA PEMIMPIN YANG BAIK
Ayat Pokok: Ul 28:13
Oleh: Pdt. Daniel Soemarjanto, Lippo Cikarang


Waktu Winston Churchill ditunjuk menjadi menhankam di usia pensiun, dia katakan pada istrinya, “I believe I was born for this hour!”
 
Inilah tipe pemimpin yang kita butuhkan sekarang ini, pemimpin yang punya hati untuk memimpin dan lapar untuk memimpin. Pemimpin yang mengatasi mediokritas serta mengejar excellence. Pemimpin yang mau memimpin dan memimpin dengan baik.

Kita perlu menyadari bahwa kepemimpinan sangat dibutuhkan. Tanpa kepemimpinan, akan terjadi anarki. Kita bukan hanya perlu pemimpin yang baik, kita perlu pemimpin besar.

Uskup Desmond Tutu, pemenang Nobel Perdamaian pernah berkata, “Saya jadi pemimpin karena terpaksa, sebab alam tidak mengijinkan kekosongan.” Kepemimpinan adalah suatu keharusan dalam kehidupan umat manusia.

 
Winston Churchill                  Desmond Tutu

Tragedinya adalah pada waktu tanggung jawab kepemimpinan kosong, maka tampuk pemimpin diisi oleh pemimpin yang kurang kapabel. Tampuk kepemimpinan diisi oleh orang yang kurang diperlengkapi untuk memberikan arahan serta petunjuk. Tampuk kepemimpinan diisi oleh orang yang kurang qualified.

Kalau kita melihat sejarah Israel, maka kita langsung bisa melihat pengaruh dari kepemimpinan.
    Kalau dipimpin raja yang baik maka bangsa itu mengikut Tuhan dan diberkati.
    Tapi kalau rajanya jahat, maka bangsa tsb berbalik dari Tuhan dan menjadi korup.

Contoh raja jahat : 2 Tawarikh 12:1 – Rehabeam Rehabeam beserta seluruh Israel meninggalkan hukum TUHAN, ketika kerajaannya menjadi kokoh dan kekuasaannya menjadi teguh.


Kita perlu pemimpin yang baik seperti Musa
-    Yoh. 3:14-15 – Musa Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan,supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.

Musa secara konstan selalu meninggikan Kristus dan mengarahkan ke salib.

Ini adalah minggu pertama di bulan Agustus. Bulan Agustus adalah bulan perayaan kemerdekaan Indonesia. Kita percaya kalau Indonesia dipimpin orang baik maka Indonesia akan menjadi bangsa yang baik! Kita percaya Indonesia akan “menjadi kepala dan bukan ekor!”

TUHAN akan mengangkat engkau
menjadi kepala dan bukan menjadi ekor…
Ulangan 28:13

Share