Terobosan Atas 3 Halangan Pertumbuhan

Ada tiga hal penting yang perlu Saudara atasi kalau ingin gereja bertumbuh.Saudara harus punya keyakinan teguh tentang pertumbuhan gereja

Kolose 2:19. sedang ia tidak berpegang teguh kepada Kepala, dari mana seluruh tubuh, yang ditunjang dan diikat menjadi satu oleh urat-urat dan sendi-sendi, menerima pertumbuhan ilahinya.

Opini adalah sesuatu yang Saudara perdebatkan, tetapi keyakinan adalah sesuatu yang Saudara rela mati untuknya. Saudara harus punya keyakinan bahwa Tuhan ingin gereja bertumbuh. Semua yang hidup pasti bertumbuh. Kalau sebuah gereja hidup maka dia pasti bertumbuh.

Menumbuhkan sebuah gereja yang sehat membutuhkan kerja keras. Kalau Saudara tidak memiliki keyakinan yang jelas mengenai pertumbuhan gereja maka biasanya Saudara akan tergoda untuk menyerah. Saudara perlu memiliki keyakinan bahwa gereja perlu bertumbuh karena :

  • Tuhan memerintahkan pertumbuhan. Dia memerintahkannya dalam Amanat Agung.
  • Orang membutuhkannya. Dunia ini sementara mencari pesan yang memiliki otoritas dalam diri orang yang rendah hati. Dua kombinasi ini tidak mungkin ditolak oleh dunia.

 

Saudara perlu merubah peran gembala dari sekedar pelayan menjadi pemimpin. Apa bedanya? Dalam kepemimpinan, Saudara harus mengambil inisiatif; dalam pelayanan Saudara memberikan respon terhadap kebutuhan orang lain.

Waktu seseorang menelpon dan Saudara mengangkat teleponnya, itulah pelayanan. Tapi waktu Saudara mengangkat telepon dan menelpon seseorang, itulah kepemimpinan.

Biasanya kita belajar pelayanan di seminari, tetapi belajar kepemimpinan lewat seminar-seminar. Menggembalakan sebuah gereja itu butuh keseimbangan. Berikut ini lima keahlian yang perlu Saudara pelajari kalau ingin gereja Saudara bertumbuh :

  • Belajarlah mengkomunikasikan visi Saudara.
  • Belajarlah kemampuan memotivasi orang lewat khotbah-khotbah Saudara.
  • Belajarlah untuk memperlengkapi pelayan. Kalau Saudara tidak belajar melatih (coach) seseorang, Saudara tidak akan bisa memperlengkapi mereka. Dan kalau Saudara tidak memperlengkapi pelayan Saudara maka Saudara akan kecapekan dalam pelayanan.
  • Belajarlah untuk menghimpun dana. Kalau kita bisa menulis agenda maka kita harus bisa mengumpulkan sumber dana untuk agenda kita tsb.
  • Belajarlah untuk mengatur waktu serta energy Saudara.

 

Saudara perlu mengorganisir karunia-karunia jemaat Saudara. Dalam Perjanjian Baru tidak ada satu patron model organisasi gereja.

Di Alkitab tidak dituliskan bagaimana caranya mengorganisir gereja atau job descriptions untuk diaken atau penatua.

Mengapa Tuhan membiarkan masalah pengaturan struktur ini tanpa pengaturan? Supaya hal-hal tsb bisa disesuaikan dengan setiap kebudayaan dan setiap kelompok usia.

Saudara perlu membangun gereja Saudara berdasarkan talenta-talenta yang telah Tuhan tempatkan di dalam gereja Saduara. Tuhan pasti sudah menempatkan talenta-talenta di dalam gereja Saudara untuk melakukan hal apapun yang Tuhan ingin untuk gereja Saudara lakukan sekarang ini.

Tuhan ingin supaya gereja mengorganisir talenta-talenta yang ada dalam jemaatnya.
 
Terjemahan bebas dari artikel Rick Warren dalam http://pastors.com/break-through-these-3-barriers-to-growth/

Share