Software Alkitab E-Sword

klik http://www.youtube.com/watch?v=FtDyI9itw3Q

klik http://www.youtube.com/watch?v=R_Ura39pwUI

klik http://www.youtube.com/watch?v=MRgBHDxQS_A&feature=youtu.be

Panitia sudah mulai disibukkan dengan pendaftaran peserta pelatihan. Beberapa wilayah lain sedang menantikan panitia berkunjung ke wilayah mereka juga. Brosur dan publikasi melalui seksi media gereja GPdI mulai dilaksanakan minggu ini. Bantu doa buat semua rencana yang akan kita kerjakan supaya Tuhan dapat turut campur dalam melakukan yang terbaik bagi kita sekalian.

 

Nampak digambar berikut support om Mandey dan Pastor Stefan SOS mendukung kegiatan pelatihan ini. Buat rekan-rekan anggota milis wilayah Jawa Barat dan JABOTABEK bisa memanfaatkan event ini untuk berkenalan dengan anggota yang lain. Sampai bertemu di Cianjur dan Jakarta.Pernahkah saudara menggunakan software Alkitab E-Sword...? Kalau pernah, sudah maksimalkah anda memanfaatkan semua option yang tersedia pada software tersebut dalam menggali Harta Terpendam dalam Alkitab..? Software ini sangat lengkap dengan referensi dan kaya akan tools yang kita butuhkan dalam mempelajari Firman Allah. Di dalamnya terdapat segala sesuatu yang perlu kita ketahui dari Alkitab.

 

Apa itu eSword ? eSword adalah software Alkitab yang sangat membantu untuk menggali kekayaan Alkitab.

Mengapa memilih eSword dan tidak software Alkitab lainnya ? Karena eSword gratis dan terbukti sangat handal dalam menggali Alkitab. Dalam review sebuah majalah rohani di luar negeri, eSword mengungguli software berbayar yang Seharga lebih dari $500.

Apakah tujuan pelatihan ini ? Untuk memberikan tools kepada peserta supaya bisa menggali Alkitab lebih dalam lagi. Banyak orang tidak memahami Alkitab dengan baik karena mereka kekurangan materi pendukung. Misalnya Konkordans Alkitab, Kamus Alkitab, Alkitab bahasa asli dan sebagainya. Dalam pelatihan ini peserta akan dipandu untuk mendapatkan (download) materi pendukung penyelidikan alkitab antara lain :

Alkitab :

* New International Version

* King James version

* Biblia Hebraica Stuttgartensia

* Hebrew Old Testamen (Tanach)

* Westminster Leningrad Codex

* Alkitab Terjemahan Baru (LAI)

* Hebrew Interlinear

* Darby bible

* Alkitab Mandarin

* New English Translation

Commentary :

* Matthew Henry Concise Commentary

* Albert Barnes Notes on bible

* John Darby Sinopsis of Bible

* Treasury of Scriptural Knowledge

* John Gill Exposition of the entire bible

* Bible Pathway, Commentary seluruh kitab dari Kejadian-Wahyu

* Garis besar Alkitab Versi Pemulihan (Yasperin)

Kamus Alkitab :

* International Standard Bible Encyclopedia

* Brown Driver Briggs Hebrew Definition

* Thayer Greek Definition

* King James Concordance

* King James Dictionary

* Webster Dictionary

* Nave topical Bible

* Easton Bible Dictionary dll

Bahan Bacaan :

* Kumpulan khotbah

* Tulisan2 dari Yayasan Bina Awam

* Fox Book of Martyrs

* Membesarkan Anak untuk mengasihi Allah (Andrew Murray)

* Deeper Christian Life (Andrew Murray)

* Bahan Pelajaran Theologia

* Bahan Penataran Guru Sekolah Minggu PETA :

* Son of Light Publishing

* Classic Bible Maps

* Nasa Satellite images

* Larkin's book of Chart Apakah Pelajaran Alkitab juga diajarkan ? Tidak. Pelatihan ini tidak mengajarkan Alkitab atau doktrin tertentu melainkan hanya mengajarkan ESword. Namun karena membahas Alkitab, tentu di ambil contoh-contoh dari ayat-ayat Alkitab.

Setelah mengikuti pelatihan, apa yang kami dapatkan ?Jika anda mengikuti pelatihan dengan baik, maka anda akan dapat memahami dengan lebih baik setiap ayat dalam seluruh Alkitab, memahami definisi kata aslinya baik bahasa Ibrani maupun bahasa Grika, Peta dan Illustrasi Alkitab,  mendapatkan banyak materi2 yang bisa diajarkan seperti pada materi Pendalaman Alkitab, materi penataran guru sekolah minggu, dll. Apa syarat mengikuti pelatihan ini ?

(1)   Mencintai Firman Tuhan

(2)   Tahu sedikit saja tentang komputer. Paling tidak tahu menggunakan mouse misalnya pernah bermain game Solitaire, cukuplah sebagai dasar untuk mengikuti pelatihan ini.

Apakah bisa di masukkan di Handphone ? Ya. Sebagian besar handphone yg menggunakan sistem operasi Windows Mobile bisa menjalankan ESword for Pocket PC. CD yang anda dapatkan jika mengikuti pelatihan ini, sudah termasuk eSword for Pocket PC beserta komentar dan kamus Alkitab.

Apakah di perlukan koneksi internet untuk menggunakan program ESword ? Tidak. Semua di akses secara offline karena tersimpan di hard disk.

SEKILAS INFORMASI TENTANG MATERI PELATIHAN

Pada bab 3 menggunakan Alkitab, Komentar dan Kamus; di bab ini antara lain di ajarkan cara menggunakan Brown Driver Briggs Hebrew Definition dan Thayer Greek Definition untuk mencari arti setiap nama orang dan nama tempat yang ada dalam seluruh Alkitab. Juga bagaimana menggunakan kamus ISBE, Thomson Chain Reference, American Tract Society.

Bab 5 dengan topik Menggali lebih dalam, akan di ajarkan bagaimana mencari bahasa asli dari suatu kata berdasarkan kamus Strong dan memahami artinya meskipun kita tidak mengetahui bahasa Ibrani dan Yunani. Misalnya mencari bahasa asli kata \"Kasih Karunia\" dan menggunakan King James Concordance untuk menelusuri penggunaan kata \"Charis\" yg adalah bahasa Gerika untuk \"Kasih Karunia\" dalam seluruh perjanjian baru.

Memahami lebih dalam arti kata \"Protos\" dalam Wahyu 2:4 untuk memahami arti kata \"kasih mula-mula\", mencoba menelusuri makna dan penggunaan Elohim dan YHVH, bahkan memahami penggunaan \"Parsing Codes\" dalam bahasa Gerika untuk lebih memahami bentuk kalimat dan makna dari bahasa Gerika.

Ada banyak juga materi pelajaran-pelajaran Theologia untuk bahan PA, kumpulan Artikel dari Yayasan Bina Awam antara lain mengenai Sabat, Crayon Sinchan, Children of God, bahan untuk anak-anak dan remaja, bahan selingan khotbah misalnya tentang keteladanan John Sung, Betty Olsen, ME Barber, Kisah Martir Watchman Nee bahkan Targum of Onkelos and Jonathan Ben Uzziel on Pentateuch yang bisa kita download kedalam 1 buah CD.

TANYA JAWAB LANJUTAN

Menggunakan Alkitab Elektronik, Apakah Alkitabiah ? Dalam Alkitab ada tertulis \"membuka kitab\", berarti yg Alkitabiah adalah membaca bukunya, bukan membaca di Komputer  berupa software seperti eSword.

Jawab:

Pernyataan tersebut kurang beralasan. Alasan Pertama, \"Alkitab\" aslinya tertulis berupa tulisan tangan diatas papirus, tumbuhan yg waktu itu banyak terdapat di dekat sungai Nil di Mesir. Selain Papirus, teks Asli Alkitab juga terdapat di batu (Yesaya 30:8). Sekitar tahun 500 SM orang mulai menggunakan kulit binatang sebagai \"kertas\" yang di sebut sebagai \"Perkamen\" dari kulit domba atau kambing. Beberapa tulisan Paulus terdapat di atas perkamen (2 Tim 4:13). Jadi membaca Alkitab seperti buku Alkitab sekarang ini juga sudah mengalami perubahan bentuk di bandingkan dengan bentuk aslinya.

Kedua, Alkitab cetak seperti sekarang dengan Alkitab dalam eSword sebenarnya SAMA PERSIS. Buku Alkitab di layout dengan komputer dan di cetak di kertas, sedangkan Alkitab yang di eSword tidak dicetak namun tetap dalam bentuk file komputer.

Saya sudah punya software Alkitab yg lain. Buat apa bayar dan ikut lagi pelatihan ini ? Punya saya bajakan, Cuma 15ribu doank !

Jawab:

Setiap software mempunyai karakteristik masing-masing. Ada software Alkitab yang kekuatannya karena memiliki banyak terjemahan bahasa daerah, ada yang kuat di bacaan Rohani berbahasa Indonesia dan lain-lain.  Kekuatan eSword adalah untuk menggali kekayaan Alkitab, melakukan komparasi sebuah ayat dengan banyak terjemahan ( Indonesia , Inggris, Ibrani, Grika), memahami bahasa asli suatu kata baik dalam bahasa

Ibrani atau Grika, sehingga kita bisa mendapatkan pemahaman yg lebih dalam dan jelas terhadap suatu ayat.

Kenapa biaya pelatihan termasuk buku begitu murah ? itu Bajakan ya? Kalau illegal sebaiknya jangan bikin seminar Kristen, ga sesuai dengan hati nurani karena kalau lihat harganya pasti illegal

Jawab:

Terima kasih atas tanggapannya. eSword itu adalah software Gratis. Silahkan baca di  www.e-sword. net.  Justru memperdagangkan software ini adalah illegal. Kami tidak memperdagangkan software ini, karena biaya yg diberikan adalah untuk membantu ongkos cetak buku, sewa komputer dan biaya pelatihan itu sendiri.

Kalau begitu saya download aja dari Internet, tanpa biaya dan mudah !

Jawab :

Siapa saja bisa mendownload software ini dari internet dengan Cuma-Cuma. Namun materi tambahan yang akan kita kumpulkan ke dalam CD tidak ada di website eSword. Misalnya Alkitab New International Version, New English Translation, Israelty Authorized Version, Translation of Hebrew and Greek, Targum,  Garis Besar Alkitab bahasa Indonesia versi Yasperin dan Bible Pathway, Bahan pelajaran Theologia, kumpulan khotbah, bahan pelajaran Sekolah Minggu dan banyak lagi lainnya. Selain itu meskipun anda mempunyai softwarenya tetapi tidak mendapatkan petunjuk pengoperasian, akan memakan waktu yang cukup lama untuk menggunakan software ini secara maksimal.

Melihat bahwa materi yg akan di dapat begitu banyak, bisakah di katakan bahwa yang belajar eSword akan mampu mengajar Alkitab lebih baik dari yang tidak punya eSword ?

JAWAB :

Meskipun memiliki software ini sama halnya dengan memiliki segudang referensi berharga dalam mempelajari Alkitab, saya tidak berani berkata bahwa yang mempelajari Alkitab dengan software ini bisa menjelaskan Alkitab lebih baik daripada yang tidak memiliki software ini.

Dalam pengalaman, untuk mempelajari Alkitab ada 2 hal dasar yg penting yaitu :

1. Menemukan Fakta. Contoh : kata \"Korban Syukur\" dalam seluruh perjanjian baru cuma terdapat 1 kali, yaitu pada Ibrani 13:15. Menemukan Fakta seperti ini tidak sulit dengan eSword. Namun menemukan fakta baru menyelesaikan 50% perjalanan explorasi Alkitab.

2. Menganalisa fakta. Untuk menganalisa fakta dan mendapatkan jawaban, kita perlu terbuka kepada Tuhan, memohon Dia memberikan petunjuk, membuka kamus Alkitab, mencari defenisi kata dalam bahasa asli, membaca komentar para kaum saleh dll. Hal  ini sebagian dapat di lakukan oleh eSword yaitu Kamus Alkitab, commentary, penelusuran seluruh ayat dalam Alkitab dan memahami makna bahasa asli,  tetapi \"jawaban\" saudara akan terima dari Tuhan.

Apakah dengan menggunakan eSword akan lebih memudahkan menyusun Khotbah ?

JAWAB :

YA. Dalam hitungan detik anda dapat mengumpulkan semua ayat yang mengandung kata-kata tertentu dalam Alkitab, melihat referensi silang ayat demi ayat, memahami arti bahasa aslinya,  menelusuri pengggunaan kata tersebut, semuanya dengan sangat mudah di lakukan oleh eSword. Namun kualitas khotbah tidak hanya di tentukan oleh segudang ayat, tetapi juga di tentukan oleh faktor lain seperti hubungan anda dengan Tuhan.

Mengapa saya perlu belajar Alkitab lebih dalam? Tak cukupkah hanya memakai Alkitab bhs Indonesia ?

JAWAB :

Adalah suatu keharusan untuk mempelajari terjemahan lain dan bahasa asli Alkitab untuk mendapatkan penjelasan yang lebih dalam.

Misalnya kata \"JIWA\", dengan bantuan eSword,  dlm hitungan detik kita mendapatkan bahwa bahasa Ibrani untuk jiwa adalah \"Nephesh\", sedangkan bahasa Gerikanya adalah \"Psuche\". Jika kita mencari lebih lanjut, kita akan dapatkan beberapa perbedaan terjemahan antara lain :

(Psa 13:2) (13-3) Berapa lama lagi aku harus menaruh kekuatiran dalam diriku {Jiwaku}, dan bersedih hati sepanjang hari? Berapa lama lagi musuhku meninggikan diri atasku?

(Psa 25:13) Orang {Jiwa} itu sendiri akan menetap dalam kebahagiaan dan anak cucunya akan mewarisi bumi.

(Mat 6:25) \"Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu {jiwamu} , akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup {jiwa} itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?

Mat 26:38) lalu kata-Nya kepada mereka: \"Hati {JIWA} –Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan Aku.\"

(Act 15:24) Kami telah mendengar, bahwa ada beberapa orang di antara kami, yang tiada mendapat pesan dari kami, telah menggelisahkan dan menggoyangkan hati {JIWA} mu dengan ajaran mereka.

(2Co 1:23) Tetapi aku memanggil Allah sebagai saksiku—Ia mengenal aku {JIWAKU} --,bahwa sebabnya aku tidak datang ke Korintus ialah untuk menyayangkan kamu.

Dari beberapa ayat ini kita melihat bahwa Jiwa kadang di terjemahkan sebagai \"aku\", \"hati\", \"orang\", \"hidup\", tetapi semua berasal dari Nephesh dan Psuche. Jadi dalam Matius 26:38, bukan HATI Yesus yang sedih, tetapi JIWANYA. Kita mendapatkan makna yang lebih luas dan dalam dari sekedar \"Hati\".

PELATIHAN ESWORD DI MALANG :

Puji Tuhan !! Pelatihan Software Alkitab eSword, yang diadakan di Malang , ditanggapi dengan begitu antusias oleh para hamba-hamba Tuhan yang mengikutinya.  Hadir sekitar 50 orang, yang sungguh-sungguh mau mengikuti pelatihan ini, yang semuanya adalah pendeta/gembala sidang, serta beberapa staf SA dan STT. Acara ini dimulai pukul 18.00 hingga pkl. 21:00 wib.

Berikut adalah rangkuman beberapa angket dari peserta :

1.      Bagaiman pendapat anda mengenai pelatihan ini?

* Sangat bagus/Baik sekali/sangat bermanfaat! * Very good! * Sangat menarik & menyenangkan * Bagus, sesuai kebutuhan * Sangat baik, karna mempermudah mempelajari Alkitab * Sangat bermanfaat dalam pelayanan dan pertumbuhan rohani. * Menarik, luar biasa, canggih! * Ini sangat baik bagi para hamba Tuhan untuk dapat belajar dengan benar kebenaran FA, sebab banyak yang belajar dalam kesalah pahaman selama ini. * Baik sekali, walau saya sudah bisa, namun ada hal-hal baru yang saya dapat. * The best thing I ever know!

2.      Apakah pelatihan ini mendukung pelayanan anda?

* Ya, sangat mendukung! * So pasti! * Absolutly! * Tentu, karena akanlebih memperkaya pemahaman/lebih akurat. * Ya, mendukung untuk menyusun khotbah!

SUASANA PELATIHAN ESWORD DI MAKASSAR :

Komentar Peserta Makassar :

* Seharusnya semua sekolah Alkitab mengajarkan pelajaran ini. Tolong di kembangkan terus ! * Luar biasa menarik. Saya sangat terkesan dengan pelatihan ini. * Saya sangat di berkati ! Terima kasih Tuhan. * Kapan di adakan pelatihan selanjutnya ? Supaya kami bisa memahami pelajaran ini dengan lebih baik lagi. Sukses buat anda ! * Wow, Saya mendapatkan sumber referensi lengkap bahasa Ibrani dan Yunani. Terima kasih telah memudahkan saya. * Inovatif, Kreatif,  peralatannya juga canggih. * Awalnya saya kira ini pelatihan biasa-biasa saja, ternyata saya salah sangka. Ini sangat membantu memahami Firman Tuhan.

Share