Warga Jemaat = Penonton Bola?

Warga Jemaat = Penonton Bola??

Ribuan penonton sepak bola itu serempak bersorak. Lalu mereka terdiam lagi dengan wajah yg tegang. Kemudian tiba2 mereka serempak bersorak lagi. Mereka sehati dan sejiwa. Tetapi begitu pertandingan bubar, mereka tidak peduli satu sama lain. Semua berdesak-desakan menuju pintu keluar.

Agaknya gereja juga mirip penonton sepak bola itu. Orang banyak dalam gereja itu bersorak. Mereka sehati & sejiwa. Tetapi setelah ibadah bubar, hati & jiwa mereka langsung ikut bubar. Mobil mereka saling berebut jalan untuk keluar dari lahan parkir. Bahkan ketika mobil mereka hampir bersenggolan, mereka mengomel & saling pelotot. Padahal beberapa menit sebelumnya mereka sama-sama berseru, “Puji Tuhan!” Tidak ada satu mobil pun yg membuka jendela & menawarkan tumpangan kepada nenek dari gereja itu yang sedang menunggu taksi. Tidak ada yg menolong kakek dari gereja itu untuk menyeberang jalan. Mereka tidak peduli satu sama lain.

Apa artinya peduli? Sering peduli diartikan secara sempit. Peduli cuma diartikan menyumbang. Partai yg membagi sembako mengaku diri peduli, padahal itu cuma bagi2 dengan tujuan cari muka.

Peduli punya arti yang lebih dalam. Peduli berarti prihatin, membela, mengindahkan, menghargai, mencukupi, melindungi, memelihara & merawat.

Gereja dimaksudkan supaya menjadi komunitas orang orang yang saling peduli. Rasul Paulus menulis, “... jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersuka cita” (1Kor.12:26).

Tetapi mana mungkin gereja menjadi komunitas saling peduli? Saling kenal pun tidak. Jangankan sesama anggota, pendeta pun tidak kenal anggotanya. Lagi pula, meskipun saling kenal sama sekali belum berarti bahwa anggota-anggota komunitas itu saling peduli.

[Andar Ismail dalam Esensi]

Betul bukan? Apakah anda kenal orang didepan & dibelakang tempat duduk anda? Kalau kenal, apakah anda peduli?
Kalau jemaat kurang kenal dan kurang peduli, apa solusinya? Mungkin salah satu solusi adalah Komunitas sel

Share