My Girl

Punya anak yang mau masuk SMA di NYC merupakan masa yang cukup merepotkan. Belum lagi sebulan sekolah sehabis libur panjang musim dingin, kita sudah harus mulai memilih SMA mendatang. Tidak cukup dengan buku-buku tebal berisi informasi mengenai Sekolah Lanjutan yang dibagikan kepada semua murid, mail box juga juga dikirimi informasi dari sekolah dan pemerintah sehubungan dengan sekolah lanjutan tersebut. Sepertinya mereka ingin kita mendapatkan yang terbaik, cocok dan puas sesuai dengan harapan masing-masing.


Kita harus cermat menentukan pilihan dan jangan sampai ketinggalan informasi kalau nggak mau lebih repot dikemudian hari. Ratusan sekolah dengan menonjolkan program dan segala kelebihan masing-masing berusaha menjaring minat pelajar untuk bergabung dengan mereka. Undangan dibagikan kepada orang tua dan murid untuk berkunjung ke sekolah dan mendapatkan informasi lebih lengkap on the spot. Dari sini orang tua bisa menilai situasi dan kondisi sekolah yang akan menjadi pilihan bagi anak-anak mereka.

Hari ini Brooklyn Tech mengadakan open house sekaligus pameran bersama Sekolah-Sekolah Lanjutan lainnya. 7 lantai dari gedung yang merupakan salah satu dari 9 Specialize High School di NYC ini terisi meja-meja peserta pameran. Dari jam 10 pagi sampai dengan jam 3 sore orang tua dan murid berdatangan bergantian memenuhi gedung tersebut.

Memperhatikan anak-anak muda yang bergairah dalam menentukan masa depan bisa menimbulkan kesan tersendiri dihati orang tua. Mereka telah dibekali informasi tentang sekolah-sekolah papan atas tapi persaingan untuk dapat masuk kesana sangat ketat. Hanya dengan belajar dan belajar keras saja mereka mungkin ada kesempatan untuk bisa terpilih melalui ujian khusus yang diadakan oleh sekolah-sekolah tersebut. Mereka tidak akan memilih murid yang berada dibawah standard yang telah disepakati. Semua murid tahu kalau mereka mau masuk ke sekolah tertentu, mereka harus memenuhi kualifikasi yang tertera dalam buku panduan.

Dalam perjalanan pulang Brooklyn - Queens dengan kereta "R", 5 orang penyanyi cappella masuk dan langsung mengumandangkan lyric lagu dari The Temptation "My Girl", di kepadatan gerbong waktu itu sambil bertepuk tangan mengikuti irama. Wah ...suasana gerbong yang senyap jadi berubah. Belum pernah saya temukan penyanyi jenis ini yang kebanyakan berkulit hitam nyanyinya false. Suara mereka luarbiasa dan sangat menjiwai lagu yang dibawakan. Di era Ipod seperti sekarang ini, orang tua dan muda menyelipkan benda putih ditelinga masing-masing dalam perjalanan, hanya kelas penyanyi seperti ini saja yang bisa membuat mereka menurunkan sejenak benda tersebut dan merogoh saku menyiapkan uang tip bagi si penyanyi.

I've got sunshine
On a cloudy day.
When it's cold outside,
I've got the month of May.

Well, I guess you'll say
What can make me feel this way?
My girl. (My girl, my girl)
Talkin' 'bout my girl. (My girl)

Banyak penyayi top dunia menyanyikan lagu ini dengan gaya mereka masing-masing. Rod Stewart membawakannya dengan khas dan manis. Penyanyi cappella ini nyanyi tidak mengecewakan.

I've got so much honey
The bees envy me.
I've got a sweeter song than the birds in the trees.

I don't need no money,
Fortune or fame.
I've got all the riches, baby,
One man can claim.

Well, I guess you'll say
What can make me feel this way?
My girl. (My girl, my girl)
Talkin' 'bout my girl. (My girl)

Talkin' bout my girl.
I've got sushine on cloudy day
With my girl.
I've even got the month of May with my girl.

Mereka menyayi dengan sempurna, paling tidak menurut telinga awam saya. Banyak tangan-tangan yang diulurkan ke kantong yang mereka bawa sambil berjalan dan menyanyi. Setelah selesai masih diberi tepukan tangan sebagai penghargaan bagi mereka.

Sampai disini mungkin saudara bingung. Apa hubungannya lagu My Girl dengan website kita?. Hari ini, duduk di kereta bersama istri dan anak yang menginjak remaja saya teringat betapa indahnya masa itu. Suatu masa yang Tuhan berikan bagi setiap manusia untuk dilalui. Suatu masa yang akan menentukan hari-hari kita kedepan.

Mengenang masa muda, saya hanya memastikan bagi pemuda-pemudi orang percaya bahwa berbahagialah anda yang sejak masa muda mu telah berada dijalan Tuhan. Tetaplah berada dijalan ini dan jangan menyimpang. Taati orang tua mu didalam Tuhan dan turuti nasehatnya. Mungkin ini juga merupakan masa sulit karena waktu terus diisi dengan belajar dan belajar. Mungkin juga harus belajar dan bekerja karena keadaan sulit keluarga. Jangan menyerah, jangan putus asa, dan jangan menyimpang dari iman seperti yang iblis inginkan. Maju terus karena Tuhan sudah sediakan masa depan yang penuh harapan bagi anda semua. Tahun-tahun yang anda abaikan dalam penyimpangan merupakan kesia-siaan. Waktu ini tidak akan kembali dan harus dibayar dimasa depanmu.

Bersukarialah, hai pemuda, dalam kemudaanmu, biarlah hatimu bersuka pada masa mudamu, dan turutilah keinginan hatimu dan pandangan matamu, tetapi ketahuilah bahwa karena segala hal ini Allah akan membawa engkau ke pengadilan! (Pengkhotbah 11:9).

Ayat diatas merupakan nasehat seorang raja hebat yang luarbiasa. Anda bisa bayangkan negarawan hebat sekarang ini yang memiliki pengaruh besar dalam ideologimu. Dia katakan bahwa bersukacitalah dan bersenang-senanglah dimasa mudamu. Turuti saja apa yang kamu inginkan tapi dalam kebenaran Firman Allah. Karena kalau anda ikuti sukacita sementara dari dunia, itu hanya menipu. Dan Tuhan akan membawamu ke pengadilan untuk semua yang anda lakukan di masa mudamu.

Semua kebebasan yang menipu dari dunia tidak akan pernah membawa manusia kepada sukacita, tidak ada kebebasan didalam dosa. Dosa hanya membelenggu dan belenggu ini makin menjadi lebih dahsyat dan mematikan. Hanya kebenaran Tuhan saja yang bisa membebaskanmu.

Jauhi pergaulan yang jahat dimasa mudamu. Jaga langkah mu dan siapa yang menjadi teman-temanmu. Jaga mata, telinga dan hatimu. Alkohol, obat-obat terlarang, rokok, sex bebas, sex pranikah jangan pernah terbersit dalam keinginanmu. Jaga kesucian dimasa mudamu maka indahnya dunia perkawinan mendatang merupakan jaminan bahagia sejati.

Saya tidak tahu pasti mengenai kisah dibalik lyric lagu My Girl ini. Lagu yang sudah banyak mengilhami dunia sehingga menghasilkan film, iklan dlsb. ini bisa tergantung dari siapa yang akan mengartikannya. Saya mau melihat lagu ini dari dunia anak-anak Tuhan. Pesan buat pemuda kristen, jangan cari pasangan yang diluar iman. Engkau akan menikmati kehangatan cinta sejati yang tulus dan benar dari pemudi orang percaya. Karena isteri yang berakal budi adalah karunia Tuhan (Ams.19:14). Ia merupakan mahkota suaminya (Ams.12:4a), Ia lebih berharga dari pada permata (Ams.31:10b).

Awasi langkahmu dimasa muda yang berbahaya. Banyak kasus kegagalan rumah tangga sebagai akibat ketidakbenaran hidup masa muda. Neraka dunia setiap hari akan anda jumpai di masa depanmu jika anda tidak berhikmat hari ini. Buka alkitabmu dan kenali Penciptamu. Hanya Dia yang tidak pernah salah membimbing mu karena Dia tahu masa depanmu sejak hari anda berada dalam kandungan.

Anak Muda.., jangan nggak percaya dengan apa yang saya tulis karena saya telah melewati masa-masa itu. Banyak tahun yang terbuang sia-sia diluar kehendak Tuhan dan harus dibayar dengan mahal. Untung Tuhan Yesus baik dan murah hati. Dia yang menolong, mengangkat dan membimbing kita untuk bisa berjalan tegap.

Saat ini sebagai orang tua yang takut akan Tuhan saya tetap berusaha mendidik anak menurut jalan yang patut baginya yaitu didalam jalan Tuhan.(Ams.22:6). Karena masa depan sungguh ada didalam jalan ini.

Teguhkan imanmu didalam Yesus Tuhan kita, jangan kompromi dengan jalan dunia ini, Puji Tuhan..! ( Widjaja Kartika - New York - Founder www.gpdiworld.us )

Share