Tentang Gedung Bethel Temple, Seattle, USA

Tentang Gedung Bethel Temple, Seattle, USA

Gereja Bethel Temple dibuka pada tahun 1944 beralamat di 2nd & Lenora, Seattle, USA. 
Pada awalnya itu adalah Crystal Pool yang dibangun pada tahun 1914 yaitu kolam renang air asin dalam ruangan dengan pemanas.

Bangunan Crystal Pool ini dirancang oleh B. Marcus Priteca. Crystal Pool menjadi salah satu tempat rekreasi paling populer di kota saat itu.

Terbentang tiang-tiang baja melengkung yang sangat besar yang menopang atap kaca. Di sekeliling kolam terdapat tingkatan tempat duduk yang bisa menampung sebanyak 1.500 penonton. Air asin untuk kolam disalurkan dari Elliott Bay dan dipanaskan, disaring dan diklorinasi. 

Boiler besi yang sangat besar terletak di  ruang bawah tanah gedung untuk memanaskan air.

Perubahan eksterior utama adalah penggantian paviliun pintu masuk. Modifikasi telah dilakukan pada interior untuk ruang perakitan tetapi bangunan tersebut masih memiliki tepi ubin kolam renang dan tempat duduknya. Pengembang berencana untuk menghancurkan gedung dan  membangun menara kondominium. 

Pada 1940-an, organ pipa teater Marr & Colton 3/12 dari Indiana dipasang oleh gereja.  Teknisi organ Spokane George Graham terlibat dalam pemasangan dan pemeliharaan.

______________________________________________


Beberapa bagian dari organ yang berada di gereja Bethel Temple, tertulis buatan Indianapolis.

Meskipun tidak dapat dimainkan dalam beberapa tahun terakhir, organ tersebut tetap berada di dalam gedung hingga tahun 2003 ketika dipindahkan oleh Tedde Gibson dan asistennya.

Tahun 2003, bangunan Crystal Pool dihancurkan dan dibangunlah gedung kondominium. Pelestarian tidak dapat menyelamatkan bangunan tersebut, tetapi fasad terakota yang rumit di sisi utara dan timur bangunan tetap dipertahankan.  Proyek ini juga akan mencakup kanopi pintu masuk berkubah yang mirip dengan aslinya.
______________________________________________



Bagian dalam Bethel Temple th 1940
___________________________________________________




Organ pipa saat pembongkaran th 2003
__________________________________________

Lampu gantung di lantai bawah tanah gereja Bethel Temple. Tidak diketahui apakah perlengkapan ini berasal dari gedung Crystal Pool asli atau dari tempat lain.
_____________________________________________



Crystal Pool di th 1914, yaitu sebuah kolam renang.
____________________________________________________


Pada akhir 1920-an, kolam itu diubah untuk digunakan sebagai tempat tinju dan juga digunakan sebagai arena skating di akhir 1930-an.
__________________________________________


Mei 2003, gedung Bethel Temple dirubuhkan, dinding kanan dan kiri dipertahankan selama pembangunan gedung baru (foto atas).
Juni 2003, tampak progress pembongkaran gedung Bethel Temple (foto tengah).
Tulisan didinding, diperkirakan dibuat sebelum pembangunan Crystal Pool th 1914 (foto bawah).
_____________________________________________




Sekarang Lokasi digunakan oleh Holocaust Center for Humanity dan Apartments. (Sumber: The Seattle Times, LW, DS)

 

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment